FREQUENTLY ASKED QUESTIONS

Dimana Anda dapat mengakses pembelian polis Asuransi Mobil ?

MNCi Net hanya tersedia di situs website: www.mnci-net.id dan ditujukan kepada pelanggan yang berdomisili di area Jakarta, Bogor, Tangerang, Bandung, Cirebon, Purwokerto, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Bali, Balikpapan, Pontianak, Banjarmasin, Manado, Makassar, Medan, Pekanbaru, Palembang, Bandar Lampung.

Kendaraan jenis apa saja yang dapat diasuransikan dalam polis asuransi kendaraan MNC Insurance ?

Mobil jenis penumpang dan penggunaannya untuk keperluan pribadi/dinas pemilik kendaraan bukan untuk tujuan disewakan (rental/komersial).

Bagaimana cara menentukan Nilai Pertanggungan untuk kendaraan Anda saat pengajuan asuransi ?

Cara menentukan Nilai Pertanggungan kendaraan Anda : harga kendaraan Anda saat pengajuan asuransi dan dapat ditambahkan dengan nilai pertanggungan aksesoris tambahan pada kendaraan Anda (jika ada). Cara mengetahui informasi harga mobil baru ataupun bekas, Anda dapat mendapatkan referensi informasi dari Showroom Mobil, Dealer Mobil, situs Jual Beli Mobil Online, majalah atau tabloid otomotif sebagai sumber terpercaya. 

Jenis jaminan dasar dalam polis asuransi kendaraan ?

  • Asuransi All Risk / Komprehensif (Comprehensive) : Asuransi mobil ini memberikan jaminan ganti rugi atau biaya perbaikan atas kehilangan/kerusakan sebagian maupun keseluruhan pada kendaraan yang secara langsung disebabkan oleh tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, terperosok, perbuatan jahat, pencurian, kebakaran, atau kecelakaan lalu lintas lainnya. (mengacu pada PSAKBI). (Usia kendaraan maks. 8 tahun dengan loading premi setelah 5 tahun).
  • Total Loss Only (TLO) : Jaminan ganti rugi atas kehilangan/kerusakan total pada kendaraan yang secara langsung disebabkan oleh , mobil kebakaran, mobil mengalami kecelakaan seperti mobil tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, terperosok, perbuatan jahat, pencurian, atau kecelakaan lalu lintas lainnya. (mengacu pada PSAKBI) (Usia kendaraan maks. 15 tahun).

Perluasan Asuransi Kendaraan dalam polis asuransi kendaraan* ?

  • Angin Topan, Banjir, Badai, Hujan Es dan Tanah Longsor (Typhoon, Storm, Flood, Hail & Landslide) : Jaminan ganti rugi atau biaya perbaikan terhadap kerusakan pada kendaraan yang disebabkan secara langsung oleh angin topan, badai, hujan es, banjir, genangan air atau tanah longsor.
  • Gempa Bumi, Tsunami dan Letusan Gunung Berapi  (Earthquake, Tsunami & Volcanic Eruption) : Jaminan ganti rugi atau biaya perbaikan atas kerusakan pada kendaraan yang disebabkan secara langsung oleh gempa bumi, tsunami atau letusan gunung berapi.
  • Huru-hara & Kerusuhan (Strike, Riot, and Civil Commotion/SRCC) : Jaminan ganti rugi atau biaya perbaikan atas kerusakan pada kendaraan yang disebabkan oleh kerusuhan, pemogokan, penghalangan bekerja, tawuran, huru-hara, pembangkitan rakyat atau revolusi.
  • Terorisme & Sabotase (Terorism & Sabotage/TS) : Jaminan ganti rugi atau biaya perbaikan atas kerusakan pada kendaraan yang disebabkan oleh terorisme & Sabotase.
  • Tanggung Jawab Hukum Terhadap  Pihak ke Tiga  (Third Party Liability/TPL) : Jaminan ganti rugi atas tuntutan pihak ketiga, yang secara langsung disebabkan oleh kendaraan yang dipertanggungkan.
  • Kecelakaan Diri (Personal Accident/PA) : Jaminan terhadap kematian, cedera badan yang mengakibatkan cacat tetap dan atau biaya pengobatan terhadap pengemudi dan/atau penumpang di dalam kendaraan yang dipertanggungkan apabila terjadi kecelakaan

*) Tersedia pilihan paket jaminan perlindungan Asuransi Kendaraan MNC Insurance.

Kapan Anda akan menerima polis Asuransi Kendaraan ?

Setelah pembayaran premi, Anda akan menerima polis asuransi kendaraan bermotor MNC insurance yang dikirim melalui email dalam bentuk soft file (e-Policy, wording policy, kwitansi pembayaran premi) ke alamat email Anda.

Bagaimana prosedur pengajuan klaim kendaraan bermotor ?

Prosedur klaim Asuransi Mobil MNC Insurance adalah sebagai berikut:

  • Tertanggung membuat laporan klaim kepada Penanggung selambat – lambatnya 5 (lima) hari kalender sejak kejadian kecelakaan atau adanya tuntutan dari pihak ketiga, secara tertulis, email atau datang langsung ke kantor cabang/ pemasaran terdekat di seluruh Indonesia.
  • Mengisi formulir klaim.

Dokumen apa saja yang harus disiapkan untuk pengajuan klaim kendaraan bermotor ?

Dokumen yang dibutuhkan :

  1. Untuk pengajuan klaim partial loss :
    • Identitas tertanggung (KTP/SIM) atau ID Card dari karyawan yang melapor untuk perusahaan.
    • Mengisi lengkap dan benar formulir klaim.
    • Laporan kepolisian setempat (bila ada unsur tindak kejahatan).
  2. Untuk pengajuan klaim tanggung jawab hukum pihak ketiga :
    • Identitas pihak ketiga (KTP/SIM).
    • SIM pihak ketiga bila kerugian pihak ketiga melibatkan kendaraan bermotor.
    • Surat tuntutan dari pihak ketiga.
    • Laporan kepolisian setempat (bila dibutuhkan).
  3. Untuk pengajuan klaim CTL :
    • STNK & BPKB (asli).
    • Surat Keterangan Kecelakaan dari Kepolisian setempat (TKP).
    • Kunci kontak (asli) dan duplikatnya.
    • Kuitansi kosong bermaterai Rp 6.000,- yang ditanda tangani tertanggung (rangkap 2).
    • Identitas tertanggung (SIM atau KTP).
  4. Untuk pengajuan klaim Kehilangan :
    • STNK & BPKB (asli).
    • Surat Keterangan Kecelakaan dari Kepolisian setempat (TKP).
    • Kunci kontak (asli) dan duplikatnya.
    • Kuitansi kosong bermaterai Rp 6.000,- yang ditanda tangani tertanggung (rangkap 2).
    • Identitas tertanggung (SIM atau KTP).
    • Surat Blokir STNK dari Kaditlantas Polda.

Bagaimana saya melaporkan klaim atas kejadian yang dialami kendaraan bermotor saya ?

Laporkan klaim Anda melalui:

  1. MNCi - Mobile Claim Application (Android – Download Play Store).
  2. Hubungi MNC Call Center 1-500-899 Ext. 2.
  3. Datang ke Kantor Cabang MNC Insurance terdekat.

Apakah yang dimaksud dengan OR (Own Risk) untuk setiap laporan klaim kendaraan ?

Sesuai ketentuan yang berlaku, untuk setiap laporan klaim kendaraan, tertanggung akan dikenakan OR (Own Risk) yang besarnya Rp 300.000,- (tiga ratus ribu rupiah) per kejadian atau 10% dari nilai klaim minimal Rp 500.000,- untuk klaim terkait perluasan jaminan.

Dimana Anda dapat mengakses pembelian polis Asuransi Rumah Tinggal ?

MNCi Net hanya tersedia di situs website: www.mnci-net.id dan ditujukan kepada pelanggan yang ingin mendapatkan jaminan perlindungan asuransi untuk rumah tinggal beserta perabot rumahnya.

Bangunan rumah tinggal seperti apa yang dapat di asuransikan di MNC Insurance ?

  • Rumah tinggal tidak lebih dari 3 lantai (termasuk basement).
  • Kelas I (Beton, baja, tidak termasuk bangunan dengan konstruksi kayu).
  • Lokasi perumahan/pemukiman di dalam kompleks perumahan.
  • Rumah tinggal yang tidak digunakan untuk tempat usaha, serta dapat dilalui oleh pemadam kebakaran.

Berapa batasan Nilai Pertanggungan Rumah Tinggal yang dapat diasuransikan dalam polis Asuransi MNC Home Express ?

Maksimum Nilai Pertanggungan untuk suatu nilai bangunan dan/atau nilai perabot rumah adalah sebesar IDR 2,500,000,000,- / polis. Untuk permohonan Nilai Pertanggungan diatas IDR 2,500,000,000 dapat menghubungi MNC Call Center 1-500-899 Ext. 2 untuk persetujuan khusus dari Penanggung, dan Penanggung akan melakukan survey ke lokasi risiko (hanya lokasi area terdekat dari kantor cabang MNC Insurance).

Apabila Bangunan Rumah Tinggal yang ditempati berstatus sewa, dan saya hanya ingin mengasuransikan Perabot Rumah Tangga saya pada Polis MNC Home Express ini, apakah diperbolehkan ?

Tidak,  asuransi atas Perabot Rumah Tangga tidak dapat diterima apabila tidak disertai dengan asuransi atas Bangunan Rumah Tinggal dimana Perabot Rumah Tangga tersebut berada.  Perlu dicatat bahwa walaupun berstatus sewa namun Bangunan Rumah Tinggal tetap dapat diasuransikan pada Polis MNC Home Express.

Risiko-risiko apa saja dan limit pertanggungan yang dijamin oleh Polis MNC Home Express ?

MNC Home Express memberikan 9 (sembilan) Jaminan Dasar dan Perluasan yang terdiri dari perlindungan terhadap risiko:

  • Jaminan Dasar * :
    • Kebakaran, Petir/Halilintar, Peledakan, Kejatuhan Pesawat Terbang, Asap.
    • Kerusuhan, Pemogokan, Huru Hara, Perbuatan Jahat, Terorisme & Sabotase.
    • Benturan Bangunan.
    • Pecah atau Meluapnya Tangki, Perangkat, atau Pipa Air Rumah Tangga.
    • Pencurian dengan kekerasan.
  • Jaminan Tambahan*:
    • Biaya Akomodasi Sementara (limit IDR 25,000,000.-).
    • Tanggung Gugat Hukum Pribadi (limit IDR 10,000,000.-).
    • Ganti Rugi Atas Kematian Tertanggung (limit IDR 10,000,000.-).
    • Harta Milik Pembantu (limit IDR 500,000.-).

Bagaimana cara melaporkan klaim atas kejadian kerusakan / kerugian yang dialami atas Rumah Tinggal saya ?

Laporkan klaim Anda melalui:

  1. Hubungi MNC Call Center 1-500-899 Ext. 2.
  2. Datang ke Kantor Cabang MNC Insurance terdekat.

Bagaimana prosedur pengajuan klaim Asuransi MNC Home Express ?

Prosedur klaim Asuransi MNC Home Express adalah sebagai berikut:

  • Tertanggung membuat laporan klaim kepada Penanggung selambat – lambatnya 5 (lima) hari kalender sejak kejadian kecelakaan atau adanya tuntutan dari pihak ketiga, secara tertulis, email atau datang langsung ke kantor cabang/ pemasaran terdekat di seluruh Indonesia.
  • Tertanggung akan dihubungi untuk petugas klaim MNC Insurance dan akan dikirimkan formulir klaim serta dokumen yang harus disiapkan terhadap klaim yang diajukan.
  • Mengisi formulir klaim dan mengirimkan kembali ke petugas klaim MNC Insurance.